Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Kabar kurang mengenakkan datang dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang dilaporkan menderita gangguan paru-paru Pleuritis.

Untuk upaya penyembuhan, pria 53 tahun tersebut perlu melakukan operasi besar selama 6 jam penuh di negara asalnya yakni Korea Selatan.

Dilaporkan oleh Sports Chosun pada Minggu (7/7/2024) lalu bahwa alasan kenapa Shin Tae-yong mengambil cuti panjang untuk pulang kampung adalah penyakit tersebut.

Pleuritis sendiri adalah peradangan pada selaput pleura paru-paru yang bisa menyebabkan nyeri pada dada penderitanya.

Rasa sakit tersebut bisa muncul tiap kali bernafas sehingga pastinya sangat menyiksa bagi siapapun.

Baca juga: Jadwal Tur Pramusim Bintang Timnas di Eropa: Ada Duel Jenner vs Idzes?

Tidak hanya itu, napas pendek dan sesak, batuk, mudah lelah, demam, dan nafus makan yang menurun juga merupaka gelaja yang ditunjukkan oleh pasien pleuritis.

Penyebab pleuritis bermacam-macam. Mulai dari infeksi oleh jamur, cedera di area dada, kanker, efek samping obat, dan lain sebagainya.

Masih dari Sports Chosun, beruntung operasi yang dijalani Shin Tae-yong berjalan lancar dan perlahan sang juru taktik bisa menjalani aktivitas lagi.

Kendati diklaim mengalami kemerosotan berat badan drastis, namun eks nakhoda Korsel di Piala Dunia 2018 itu sanggup untuk memenuhi undangan peresmian lapangan sepakbola di kota kelahirannya yakni Yeongdok.