Tips Menggunakan Standar Samping dan Tengah yang Aman dan Tepat

Keduanya berfungsi untuk menopang dan menahan sepeda motor dalam keadaan diam agar stabil, tidak goyang.

Share:
article
Efektifitas penggunaan standar samping dan tengah. (PhotoAC)
Otomotif
Efektifitas penggunaan standar samping dan tengah. (PhotoAC)

www.sportcorner.id - Sepeda motor pada umumnya memiliki dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar ganda, atau yang biasa disebut standar tengah.

Keduanya berfungsi untuk menopang dan menahan sepeda motor dalam keadaan diam agar stabil, tidak goyang, dan tidak ambruk saat parkir, saat mencuci, dalam perbaikan, atau saat kondisi sepeda motor disimpan dalam waktu lama.

Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun ada perbedaan mencolok. Kedua standar memiliki kelebihan dan juga keunggulan masing-masing. 

Lalu manakah yang lebih baik dan aman, standar samping atau tengah? Berikut ini ulasannya kelebihan dan kekurangan standar samping dan juga standar tengah seperti dilansir WahanaHonda.

Kelebihan dan Kekurangan Standar Samping
Standar motor yang berada di bagian samping, fungsi utamanya untuk menopang badan motor. Karena berada di salah satu sisi, ketika menggunakan standar samping, motor akan menjadi miring ke samping. 

Dengan posisi miring seperti ini, motor mudah terjatuh, dengan sedikit dorongan ke arah berlawanan motor diparkir. 

Biasanya juga motor akan mudah sekali meluncur ketika diparkir di tanah yang miring atau menanjak. Sebab, standar samping malah akan menjadi poros utama motor saat di parkir. 

Jadi bukannya mencegah motor meluncur, standar samping malah menjadi titik pusat motor bergerak.

Karena adanya gaya gravitasi, motor akan cenderung mundur ke belakang saat di parkir dengan kondisi tanah yang miring. 

Titik tumpu standar samping yang hanya berada di salah satu sisi, maka sisi yang tanpa standar akan dengan mudah meluncur karena tidak ada tumpuan yang menghambat. Motor pun akan meluncur ke bawah dan kemudian oleng lalu jatuh ke sisi yang tanpa adanya standar. 


Baca Juga

Ilustrasi. (Drive AutoCare)

Knalpot Mobil Keluarkan Asap, Pertanda Apa?

BYD edukasi mahasiswa Universitas Diponegoro. (BYD)

BYD Transfer Teknologi ke Generasi Muda

Lepas L8. (CSI)

Mengenal Desain dan Filosofi Merek Lepas

BYD Atto 1 di GIIAS Bandung 2025. (BYD)

BYD ATTO 1 Unjuk Gigi di GIIAS Bandung 2025

BAIC BJ30 HEV di GIIAS Bandung 2025. (BAIC Indonesia)

BAIC Hadirkan SUV Hybrid BJ30 di GIIAS Bandung 2025