Beda Mengemudikan Motor pada Kecepatan Rendah dan Kecepatan Tinggi

Beda teknik mengemudi motor di kecepatan rendah dan tinggi penting untuk keselamatan. Simak cara menjaga keseimbangan dan posisi tubuh yang benar.

Share:
article
Cara mengendalikan sepeda motor berbeda pada kecepatan rendah dan pada kecepatan tinggi. (ilustrasi Freepik)
Otomotif
Cara mengendalikan sepeda motor berbeda pada kecepatan rendah dan pada kecepatan tinggi. (ilustrasi Freepik)

www.SportCorner.id - Mengemudikan sepeda motor membutuhkan teknik yang berbeda tergantung pada kecepatan kendaraan. Pada dasarnya, cara mengemudi sepeda motor saat berjalan lambat (walking speed) sangat berbeda dengan saat melaju cepat di jalan raya. Pemahaman yang baik mengenai perbedaan ini penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Mengemudi pada Kecepatan Rendah (Walking Speed)

Kecepatan rendah biasanya mengacu pada kecepatan di bawah 10 km/jam, seperti saat manuver di tempat parkir, menyusuri jalan sempit, kemacetan, atau saat hendak berhenti.

Pada kecepatan rendah, stabilitas sepeda motor sangat bergantung pada keseimbangan aktif dari pengendara melalui gerakan arah setang dan anggota tubuh pengendara. Artinya, pengendara harus secara aktif menjaga keseimbangan dengan menggunakan hampir seluruh anggota tubuh.

Baca juga: Trik Aman Naik Motor Matic di Tanjakan dan Turunan

Pada kecepatan rendah, setang digunakan secara langsung untuk mengarahkan roda depan (handlebar steering) untuk menjaga motor tetap bisa berdiri secara mandiri yang dikombinasi dengan gerakan tubuh bergerak ke arah berlawanan dengan belokan untuk menjaga keseimbangan counterweight steering.

Posisi tubuh juga sangat mempengaruhi keseimbangan saat mengendarai sepeda motor. Posisi tubuh lebih tegak, dengan pandangan ke arah tujuan, bukan ke bawah. Pandangan menentukan arah dan menjaga keseimbangan.


Baca Juga

LEPAS L8. (TL)

LEPAS Sponsor Resmi Miss Universe Indonesia 2025

Jetour T2. (Bagus)

Jetour T2 Dibekali Fitur Canggih Kekinian

Ilustrasi. (HubPages)

Ketahui Bahaya Naik Motor Sambil Mendengarkan Musik

Ilustrasi. (Goodyear Philippines)

Pentingnya Pengecekan Berkala Ban Mobil

Indonesia Motorcycle Show 2025 siap digelar. (Seven Event)

Intip Ragam Fasilitas IMOS 2025 Hingga Shuttle Bus Gratis

Jetour T2. (JSI)

Jetour Indonesia Kejar Target 30 Showroom sampai Akhir 2025

Ilustrasi. (eDriving)

Penumpang Belakang Wajib Pakai Sabuk Pengaman atau Tidak?

Honda UNI-ONE. (Honda)

Honda Akan Mulai Penjualan Perangkat Mobilitas Honda UNI-ONE di Jepang

New Honda ADV 160. (AHM)

Skutik New ADV160 Jadi SUV-nya Sepeda Motor Honda

Komunitas E5.ID. (CSI)

Komunitas E5.ID Rayakan Hari Jadi yang Pertama

Lac Hong 900 LX. (VinFast)

Peringati Kemerdekaan Vietnam, VinFast Luncurkan Mobil Anti Peluru