Beda Mengemudikan Motor pada Kecepatan Rendah dan Kecepatan Tinggi

Beda teknik mengemudi motor di kecepatan rendah dan tinggi penting untuk keselamatan. Simak cara menjaga keseimbangan dan posisi tubuh yang benar.

Share:
article
Cara mengendalikan sepeda motor berbeda pada kecepatan rendah dan pada kecepatan tinggi. (ilustrasi Freepik)
Otomotif
Cara mengendalikan sepeda motor berbeda pada kecepatan rendah dan pada kecepatan tinggi. (ilustrasi Freepik)

www.SportCorner.id - Mengemudikan sepeda motor membutuhkan teknik yang berbeda tergantung pada kecepatan kendaraan. Pada dasarnya, cara mengemudi sepeda motor saat berjalan lambat (walking speed) sangat berbeda dengan saat melaju cepat di jalan raya. Pemahaman yang baik mengenai perbedaan ini penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Mengemudi pada Kecepatan Rendah (Walking Speed)

Kecepatan rendah biasanya mengacu pada kecepatan di bawah 10 km/jam, seperti saat manuver di tempat parkir, menyusuri jalan sempit, kemacetan, atau saat hendak berhenti.

Pada kecepatan rendah, stabilitas sepeda motor sangat bergantung pada keseimbangan aktif dari pengendara melalui gerakan arah setang dan anggota tubuh pengendara. Artinya, pengendara harus secara aktif menjaga keseimbangan dengan menggunakan hampir seluruh anggota tubuh.

Baca juga: Trik Aman Naik Motor Matic di Tanjakan dan Turunan

Pada kecepatan rendah, setang digunakan secara langsung untuk mengarahkan roda depan (handlebar steering) untuk menjaga motor tetap bisa berdiri secara mandiri yang dikombinasi dengan gerakan tubuh bergerak ke arah berlawanan dengan belokan untuk menjaga keseimbangan counterweight steering.

Posisi tubuh juga sangat mempengaruhi keseimbangan saat mengendarai sepeda motor. Posisi tubuh lebih tegak, dengan pandangan ke arah tujuan, bukan ke bawah. Pandangan menentukan arah dan menjaga keseimbangan.


Baca Juga

APAR di Hyundai Stargazer. (Hyundai Gowa)

Cara Aman Hadapi Mobil Terbakar ala Hyundai Gowa

Meskipun bukan model baru, Honda Brio masih menjadi favorit masyarakat di Sulawesi Selatan. (HPM)

Honda Rayakan 35 Ribu Unit Brio di Sulawesi Selatan

BYD Haka Manado. (BYD)

BYD Perluas Jaringan Diler Serentak di Kawasan Timur Indonesia

Ilustrasi. (Car Treatments)

Jangan Asal! Perhatikan Hal Berikut ketika Melalukan Pengereman

BYD RACCO di Japan Mobility Show 2025. (BYD)

K-EV Pertama di Dunia BYD RACCO Debut di Japan Mobility Show 2025