Wednesday, April 24, 2024

Sportcorner.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Mobil SUV crossover itu akan menjadi penantang bagi Honda HR-V, Hyundai Creta hingga Mazda CX-3.

All New Yaris Cross tersedia dalam varian, yaitu internal combustion engine (ICE) dan hybrid.

"Hari ini kami perkenalkan Brand New Toyota SUV Model. Produk ini juga tersedia dalam varian elektrifikasi," kata Hiroyuki Ueda, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

All New Yaris Cross ditawarkan dengan mesin bensin 1.5 liter berkode 2NR-VE dengan tenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Pada varian bensin ini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Sedangkan Yaris Cross teknologi hybrid menggunakan mesin berkode 2NR-VEX yang bisa memuntahkan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm dengan tambahan baterai lithium ion di mana motor listriknya berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm. Khusus varian hybrid hanya tersedia transmisi CVT.

All New Yaris Cross akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal sebesar 80 persen. Sebelumnya mobil ini sudah diproduksi di Jepang dan Prancis serta dijual untuk pasar Eropa dan Australia sejak 2020.

Mobil ini dirancang menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B yang juga dipakai generasi baru Sienta dan Yaris pasar Eropa.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan Yaris Cross akan dibandeol di bawah Rp500 juta.