Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id. Melakukan manuver putar balik bagi pengendara mobil mungkin terdengar sepele. Meskipun demikian, tidak sedikit yang masih melakukannya dengan cara yang kurang tepat sehingga terlalu banyak gerakan maju-mundur yang tidak perlu. Alhasil, arus lalu lintas menjadi terganggu dan menyebabkan kemacetan.

Secara umum, ada dua teknik yang bisa dilakukan untuk melakukan manuver putar balik, yaitu Three Point Turn dan U Turn yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi lingkungan jalan dan lalu lintas.

Three Point Turn

Teknik Three Point Turn, membutuhkan ketangkasan serta kecekatan dalam memindahkan tuas presneling dan memutar roda kemudi. Teknik maju-mundur ini biasanya dibutuhkan bila kondisi jalan yang tidak mungkinkan melakukan putar balik secara langsung dalam sekali langkah akibat lahan yang terbatas.

Untuk melakukannya, majukan mobil perlahan sambil memutar kemudi penuh ke kanan dengan gerakan cepat. Setelah itu hentikan kendaraan bila mobil sudah tidak mungkin lagi bergerak maju, dan segera pindahkan tuas transmisi ke gigi mundur.

Sambil memundurkan kendaraan secara perlahan, putar roda kemudi ke arah kiri secukupnya (sesuai dengan kondisi) lalu hentikan mobil setelah dirasa sudah tersedia ruang yang cukup untuk maju. Pindahkan tuas transmisi ke posisi maju dan putar roda kemudi ke kanan secukupnya.

Anda sudah menyelesaikan manuver putar balik 'Three Point Turn' dengan sempurna. Jangan lupa memutar roda kemudi secara benar menggunakan teknik 'hand to hand' alias 'push pull', kecuali mobil Anda tidak dilengkapi powersteering.