Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Saat ini, mobil bertransmisi otomatis kian populer penggunaannya. Pengoperasiannya yang praktis, terlebih saat digunakan di kemacetan membuatnya semakin digemari. Apalagi performa transmisi otomatis generasi terbaru sudah semakin baik, bahkan ada yang mampu mengalahkan performa transmisi manual.

Dari sekian keunggulan yang ditawarkan, terdapat satu kekurangan utama, yaitu jika mobil mogok akibat aki soak, tidak bisa dihidupkan dengan cara didorong. Oleh karena itu pemilik mobil bertransmisi otomatis wajib punya alat yang satu ini, kabel jumper/booster cable.

Alat yang berupa dua utas kabel panjang dan tebal yang umumnya berwarna merah dan hitam ini memiliki sepasang 'capit buaya' pada kedua ujungnya. Anda dapat membelinya di sejumlah pasar swalayan besar, di toko aksesoris mobil, atau di supermarket khusus peralatan otomotif.

Prosedur penggunaan kabel jumper  

Kabel jumper digunakan saat daya aki lemah dan tak mampu lagi memutar motor starter. Bisa akibat pasokan listrik alternator yang mengisi arus listrik ke aki tidak mencukupi, atau sel-sel aki yang sudah tidak sanggup lagi menyimpan daya listrik dari alternator.

Pada mobil bertransmisi manual, bisa disiasati dengan cara mendorong mobil kemudian memasukkan transmisi ke gigi 2. Namun pada mobil bertransmisi otomatis hanya bisa dihidupkan dengan melakukan jumper aki dengan menggunakan aki dari mobil lain dengan cara sebagai berikut.