Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id Momen libur Natal dan Tahun Baru telah usai. Banyak yang menggunakan mobil pribadi untuk digunakan liburan yang juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Padahal aktivitas liburan dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah kondisi kemacetan, medan jalan yang bervariasi, faktor cuaca, dan lain sebagainya, sehingga dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Oleh karena itu, Daihatsu membagikan tips untuk menyegarkan kembali kondisi mobil kesayangan pelanggan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang di momen liburan akhir tahun.

1. Oli: Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat performa oli menurun dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat ada-tidaknya rembesan oli.

2. Kaki-Kaki: Kondisi medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra berat dalam menopang bodi kendaraan. Terlebih saat liburan biasanya diisi muatan dan penumpang penuh. Periksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem: Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban kerja pengereman lebih berat. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam kondisi aman. Gantilah komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk memeriksa juga minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.