Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id Pabrikan mobil Hyundai telah mengembangkan sistem aerodinamika aktif baru untuk kendaraan listrik (EV), berupa 'active air skirts' (AAS) di depan roda depan yang dapat meningkatkan downforce dan stabilitas, sekaligus mengurangi hambatan dan meningkatkan jarak tempuh di jalan bebas hambatan.

Berada di antara bemper dan roda depan, sistem AAS terlihat cukup sederhana, berupa sepasang aero kit mungil berbentuk khusus yang akan muncul dari bagian bawah bodi mobil saat kendaraan mencapai kecepatan 80 km/jam untuk mengarahkan udara ke bagian sisi roda depan. Saat mobil melambat di bawah 70 km/jam , komponen tersebut akan ditarik kembali ke atas.

AAS B.jpg

Mobil listrik berada pada kondisi paling efisien dalam lalu lintas lambat dan 'stop 'n go' di mana sistem dapat memulihkan banyak energi dalam pengereman regeneratif. Namun saat melaju kencang di jalan raya, mereka berjuang keras melawan hambatan udara. Terlebih pada mobil-mobil listrik jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan posturnya yang tinggi yang sekaligus membuat hambatan udaranya juga tinggi.