Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id Perangkat Penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) menjadi faktor penting kenyamanan sebuah mobil. Terlebih bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Agar perangkat Ac saelalu berada dalam kondisi prima, pemilik kendaraan wajib melakukan perawatan.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam perawatan AC:

1. Periksa Tekanan Refrigeran Secara Berkala
Pastikan untuk memeriksa dan mengisi ulang refrigeran AC secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan refrigeran yang tepat akan memastikan kinerja AC yang optimal.

2. Bersihkan Filter Udara
Bersihkan atau ganti filter udara AC mobil secara teratur. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menghambat kinerja AC.

3. Periksa Kondensor dan Evaporator
Kondensor dan evaporator AC harus diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak terjadi penumpukan kotoran atau debu yang dapat mengganggu kinerja sistem.

4. Pastikan Kondisi Belt dan Kompresor
Periksa keausan dan ketegangan belt pemutar puli kompresor AC. Belt yang aus atau kendur dapat menimbulkan suara mengganggu dan mengurangi efisiensi sistem.

5. Jaga Kebocoran Referigeran dan Oli  
Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem AC mobil. Kebocoran refrigeran dapat mengurangi performa AC, sementara kebocoran oli dapat merusak komponen di dalam kompresor.