Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id Saat kita melakukan servis kendaraan dan mengecek busi, mungkin sebagian dari kita pernah melihat keramik busi retak. Busi yang mengalami keretakan pada bagian keramik harus segera diganti baru karena dapat berdampak pada kinerja mesin kendaraan.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan keramik pada busi bisa retak?

Seperti yang dijabarkan oleh Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI) Diko Oktaviano, retaknya keramik busi dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti handling yang tidak tepat di mana busi beradu dengan material yang lebih keras.

Hal lain yang menyebabkan busi retak dan paling sering terjadi akibat dari proses pemasangan busi dengan kunci busi yang tidak tepat. Bisa juga bisa diakibatkan oleh suhu yang terlalu tinggi. Hal ini terjadi umumnya diakibatkan oleh pemilihan busi yang tidak sesuai spesifikasi mesin atau kondisi operasional yang ekstrem.

Diko menambahkan bahwa retakan pada keramik busi dapat mengakibatkan kebocoran listrik pada busi sehingga percikan api pada busi tidak bisa konsisten bahkan busi gagal fungsi. Dampaknya, ruang bakar akan menjadi lebih mudah kotor karena tidak lancarnya aliran listrik pada busi yang mengganggu proses pembakaran dalam mesin.

image.png