Friday, May 31, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia resmi jadi wakil Asia Tenggara di putaran pertama Piala Asia U-23 2024 meski bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Capaian ini terbilang sangat impresif mengingat Garuda Muda merupakan satu-satunya debutan di ajang ini dan tergabung dalam kumpulan neraka.

Di Grup A, Indonesia diharuskan bersaing dengan Australia, Yordania, dan juga tuan rumah Qatar yang semuanya jauh lebih berpengalaman dan diunggulkan.

Meski kalah 2-0 dari Qatar di matchday pertama, Merah-Putih kemudian bangkit untuk menggebuk Australia 1-0 dan Yordania 4-1.

Kumpulan enam poin membuat timnas Indonesia berhak lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up dengan selisih gol yang cukup bagus (+2) dan menjebol gawang lawan lima kali.

Baca juga: Senang Jumpa Indonesia, Media Korsel Rupanya Ngeri Dikadali Qatar

Vietnam mengambil tempat kedua di deretan penampil terbaik fase grup dari ASEAN. Tergabung di Grup D, The Golden Star Warriors junior juga melaju ke perempat final sebagai runner-up berbekal enam poin.

Hanya saja Vietnam cuma memiliki selisih gol +1 meski sama-sama mencetak lima gol layaknya Indonesia. Kekalahan 3-0 dari Uzbekistan pada Selasa (23/4/2024) lalu jadi nilai paling merah mereka di ronde pertama.