Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Kamu pasti pernah menyaksikan pemotor di jalan raya yang membonceng lebih dari satu penumpang. Sebaiknya kamu segera menjauh dengan cara membiarkan mereka melewati Kamu, atau memperlambat laju kendaraan agar mereka semakin jauh.

Meskipun terlihat menyenangkan dan seru, membawa lebih dari satu penumpang saat berkendara sepeda motor sebenarnya memiliki risiko tinggi. Kamu tidak mau kan saat terjadi apa-apa, kamu terlibat di dalamnya.

Berikut alasan mengapa kamu harus menghindari pemotor yang membonceng lebih dari satu penumpang.

Mudah hilang keseimbangan

Membawa lebih dari satu penumpang membuat motor akan menjadi lebih berat dan sulit untuk dikendalikan, terutama saat melewati tikungan atau saat harus bermanuver menghindari rintangan di jalan.

Baca juga: Ini Risiko Jika Membiarkan Shock Absorber Rusak

Keseimbangan motor mudah terganggu, yang membuat Anda lebih rentan terjatuh. Bobot yang terlalu berat di bagian belakang juga membuat roda depan mudah kehilangan traksi saat kamu akselerasi.

Dampaknya, roda depan menjadi mudah tergelincir. Padahal pusat kendali keseimbangan ada sepenuhnya pada roda depan.

Mengganggu kelincahan manuver

Saat membawa penumpang tambahan, Kamu akan sulit melakukan manuver. Selain karena ruang kamu terbatas akibat terdesak ke bagian depan sehingga terlalu dekat dengan setang yang membatasi kebebasan gerakan.