Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id Ban off-road sering kali dibuat kurang angin saat melintasi jalan rusak berlumpur bukan tanpa alasan. Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika tekanan udara ban dikurangi. Berikut manfaatnya:

Meningkatkan traksi

Dengan mengurangi tekanan angin, membuat area kontak ban dengan permukaan jalan menjadi lebih besar. Kondisi ban yang lebih lunak membuat tapak ban menjadi lebih lentur dan mudah beradaptasi dengan kontur jalan.

Akibatnya, daya cengkram roda ke permukaan jalan meningkat drastis sehingga kendaraan lebih mudah untuk melintasi jalan berlumpur maupun jalan licin.

Baca juga: Tips Putar Balik Mobil yang Benar dan Efisien

Kurangnya angin pada ban membuat lebar tapak ban bertambah sehingga membantu ban tidak mudah terbenam saat melintasi lumpur yang lunak bercampur air.

Mempertahankan bentuk permukaan jalan

Tekanan rendah pada ban juga membuat karakter ban lebih lembut sehingga tidak banyak mebuat alur-alur yang dilewati dibandingkan tekanan angin ban yang keras. Hal ini sangat penting, terlebih saat melakukan off road lebih dari satu mobil.

Meningkatkan kenyamanan dan keamanan

Ban off-road yang kurang angin juga memberikan kenyamanan berkendara saat melintasi jalan rusak berat. Ban yang empuk berfungsi meredam guncangan akibat jalan rusak.



Artikel terkait