Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id Tenaga dan torsi merupakan dua hal yang selalu ditemukan saat kita membaca informasi terkait performa sebuah kendaraan. Meskipun keduanya kerap menjadi pasangan tak tergantikan, namun pada dasarnya mereka benar-benar berbeda.

Karena cukup rumit untuk menjelaskannya, redaksi sportcorner.id mencoba menjabarkannya dengan sederhana. Tenaga mesin itu adalah faktor yang mempengaruhi kecepatan kendaraan, sementara torsi mesin mempengaruhi kemampuan mesin mobil untuk melakukan percepatan atau akselerasi.

Torsi adalah gaya yang dapat membuat sebuah benda dapat berputar (dalam hal ini adalah batang poros). Nilai sebuah torsi adalah seberapa besar gaya yang dikeluarkan dan jarak antara sumbu putar dengan posisi gaya.

Baca juga: Apa Fungsi Resistor pada Busi? Ini Jawaban dari NGK

Sebagai contoh: Sebuah batang poros yang dapat diputar diberi engkol sepanjang satu meter. Di bagian ujung engkol diberikan beban sebesar 1 kg. Akibat beban tersebut, poros itu berputar dengan kekuatan torsi 1 kg/m. Jika dikonversi ke dalam newton maka torsinya sebesar 9,8 Nm.

Saat bahan bakar dan udara di dalam mesin mulai terbakar, piston akan terdorong ke bawah dan menekan engkol melalui batang penghbung yang menghasilkan sebuah gerakan putar poros engkol.