Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id - Knalpot motor ngebul sering kita jumpai di jalan. Biasanya disertai dengan tambahan aroma yang tidak enak bahkan membuat mata pedih. Secara umum, knalpot motor ngebul hanya disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu air, oli, dan bahan bakar.

Hal itu dapat dideteksi dengan mengamati asap yang keluar dari knalpot. Mesin yang baru dihidupkan pagi hari umumnya mengeluarkan asap putih, yang kemudian cepat menghilamng di udara.

Biasanya asap ini akan hilang dengan sendirinya. Ini sangat normal karena adanya uap air yang terperangkap di dalam saluran exhaust mesin yang keluar bersamaan dengan gas buang.

Baca juga: Tenaga dan Torsi Mesin, Ini Penjelasan Sederhananya

Saat kita membeli sepeda motor baru, dan menghidupkan mesin untuk pertama kalinya, terkadang terlihat asap putih keluar dari knalpot disertai sedikit bau oli hangus terbakar.

Hal ini juga wajar dan gejala ini akan hilang dalam waktu dua hingga tiga hari. Asap tersebut berasal dari terbakarnya oli di dalam komponen knalpot.

Biasanya, produsen knalpot akan melumuri bagian dalam knalpot dengan oli sebelum dikirim ke pabrik pemesannya. Tujuannya agar knalpot tidak mudah berkarat saat disimpan di gudang dalam waktu lama.

Yang harus dilakukan tindakan segera