Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Agar sepeda motor awet, siap digunakan dengan aman dan nyaman, perawatan rutin sudah menjadi keharusan. Khusus untuk sepeda motor tipe matik, ada bagian yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu transmisinya.

Berikut sederet tips perawatan transmisi pada motor matik dari PT Astra Honda Motor (AHM):

Periksa V-belt 
Lakukan pemeriksaan V-belt sesuai dengan perawatan periodik yang di anjurkan. Pastikan V-belt tidak retak, aus, atau bergelombang. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera ganti dengan yang baru

Bersihkan area CVT
Bersihkan dan lumasi komponen CVT agar transmisi daya bekerja dengan optimal.

Baca juga: Kenali Penyebab Knalpot Motor Ngebul

Roller
Pada penggunaan jangka panjang roller akan mengalami keausan sehingga roler tidak lagi berbentuk silinder bulat sempurna. Bila terlihat sudah tidak lagi bulat, segera ganti roller sesuai spesifikasinya.

Kampas Kopling
Cek ketebalan kampas kopling sentrifugal, jika sudah dibawah batas ketebalan standard, segera ganti dengan kampas yang baru aga kembali mendapatkan performa yang optimal.

Mangkok kopling
Mangkok kopling merupakan pasangan dari kopling sentrifugal. Pastikan ketebalan inner diameter mangkok kopling masih dalam batas standar. Jika sudah mengalami keausan segera ganti mangkok kopling.