Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id - Filter udara kabin yang kotor tentu sangat mempengaruhi konsumsi BBM, terutama untuk mobil-mobil yang menganut AC single zone tanpa fitur pemanas (heater).

Akibat  saringan udara yang mampat tentu akan menghambat sirkulasi udara dalam kabin yang otomatis membuat perangkat AC bekerja semakin berat.

Sementara pada AC single zone, tingkat dinginnya temperatur udara diatur melalui durasi dan frekuensi aktif nya kompresor AC. Setelah suhu mencapai suhu yang diinginkan, kompresor akan mati, dan aktif kembali saat suhu mulai naik lagi.  

Semakin dingin setelan AC, durasi aktifnya kompresor akan menjadi lebih lama dan lebih sering. Sedangkan kompresor AC ini sendiri diputar oleh mesin kendaraan dengan beban yang cukup tinggi..

Baca juga: Perlukah Memanaskan Mesin Kendaraan Sebelum Dijalankan?

Akibat filter udara kotor dan menghambat sirkulasi udara kabin, membuat proses pendinginan udara kabin tidak efektif, sehingga kompresor AC berusaha keras mengejar target suhu yang diinginkan.

Dampak lainnya, durasi aktifnya kompresor AC semakin panjang yang ujung-ujungnya akan membebani mesin yang berdampak langsung pada konsumsi bahan bakar.

Merawat filter udara kabin