Monday, June 24, 2024

www.SportCorner.id - Kabar baik untuk para atlet esports Indonesia menyusul resmi digelarnya turnamen Piala Presiden esports 2023 pada Juli-Oktober 2023.

Sekitar 50 ribu atlet diperkirakan akan bersaing pada turnamen Piala Presiden esports 2023 kali ini.

Puluhan ribu atlet itu akan bersaing utuk memperebutkan hadiah Piala Presiden esports 2023 yang mencapai Rp2 miliar.

Terdapat dua nomor pertandingan yang menarik pada turnamen Piala Presiden esports 2023 ini, yakni Mobile Legends: Bang Bang Putri dan game lokal Lokapala.

PB ESI berharap industri esports di Indonesia berkembang dengan masuknya game Lokapala pada turnamen kali ini.

"Kami selalu mendukung Piala Presiden karena merupakan bentuk aktif untuk mengembangkan industri esports di Indonesia. Namun, ada dua tantangan besar di dalamnya yaitu soal game lokal dan kesetaraan gender," kata Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI, Ricky Setiawan.

Menurutnya, para pemain esports putri perlu didorong demi menciptakan esports sebagai olahraga yang kompetitif, terbuka, serta dapat dinikmati oleh khalayak luas.

"Adanya kategori Mobile Legends: Bang Bang putri ini menjadi upaya untuk pemerataan tersebut. Potensinya semakin besar diharapkan pasar juga makin meningkat," tuturnya.

Rangga Danu selaku ketua pelaksana Piala Presiden esports 2023 menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektoral demi memajukan industri esports di Indonesia.

"Ekosistem esports di Indonsia bisa dikatakan sangat luas, dan akan terus dikembangkan seluruh stakeholder yang berkecimpung di dalamnya," ujarnya.