Monday, June 17, 2024

www.SportCorner.id Para pengguna kendaraan umumnya ingin sekali meningkatkan performa kendaraan untuk penggunaan harian. Oleh karena itu mereka juga nggak mau melakukan modifikasi mesin.

Yang mereka lakukan biasanya adalah mengganti filter udara agar udara lebih lancar dan mengganti busi untuk meningkatkan kualitas pengapian dan pembakaran di dalam mesin.

Dalam urusan mengganti busi, masih banyak yang salah persepsi kalau busi memiliki kode 'R' adalah busi 'Racing' yang dipercaya memiliki performa lebih baik daripada busi standar.

Baca juga: Tips Membersihkan Kaca Mobil Bagian Dalam tanpa Noda

Padahal sejatinya kode 'R' yang tercantum pada busi adalah untuk menginformasikan bahwa busi tersebut dilengkapi dengan Resistor alias komponen hambatan dengan nilai tertentu.

Menurut Assistant Manager Technical Service & Product Development PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, penambahan Resistor pada busi bukan tanpa alasan.

Ini adalah bagian dari inovasi produsen busi untuk mematuhi aturan Electromagnetic Compatibility (EMC) yang ditetapkan oleh Comité International Spécial des Perturbations Radioélectriques (CISPR).

Baca juga: Motor Gak Mau Start? Pahami Dulu Masalahnya