Kenapa Motor Ducati tidak Memiliki Redline?

Desmodromic adalah teknologi katup yang menjadi salah satu fitur ikonik pada sepeda motor Ducati yang pertama kali diperkenalkan pada 1950-an.

Share:
article
Otomotif

www.SportCorner.id - Pecinta sepeda motor sejati pasti tahu dong merek Ducati asal Italia? Pernahkah kamu memperhatikan pada bagian tachometer-nya yang tidak memiliki redline sebagai tanda batas putaran mesin? Jawabannya simpelnya adalah Desmodromic!

Desmodromic adalah teknologi katup yang menjadi salah satu fitur ikonik pada sepeda motor Ducati. Katup Desmodromic adalah sistem mekanisme katup yang pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada 1950-an. Sistem ini dirancang untuk mengatasi kelemahan katup konvensional dengan sistem pegas.

Pada sistem katup konvensional, pegas digunakan untuk mengembalikan katup ke posisi tertutup setelah katup terbuka karena ditekan oleh profil poros bubungan/camshaft. Dengan kata lain, tugas camhaft hanya berfungsi untuk 'menyundul' katup agar terbuka, sementara tugas menutup diserahkan pada pegas.

Baca juga: Apa Fungsi Turbo dan Intercooler pada Mesin Mobil?

Sebaliknya, sistem katup desmodromic proses membuka dan menutup katup seluruhnya diatur langsung oleh camshaft. Sebuah katup diatur oleh dua profil pada camshaft. Profil yang satu untuk membuka katup, dan profil lainnya bertugas untuk menutup katup.

DESMO - DUCATI


Baca Juga

Jetour T2. (JSI)

Jetour Indonesia Kejar Target 30 Showroom sampai Akhir 2025

Ilustrasi. (eDriving)

Penumpang Belakang Wajib Pakai Sabuk Pengaman atau Tidak?

Honda UNI-ONE. (Honda)

Honda Akan Mulai Penjualan Perangkat Mobilitas Honda UNI-ONE di Jepang

New Honda ADV 160. (AHM)

Skutik New ADV160 Jadi SUV-nya Sepeda Motor Honda

Komunitas E5.ID. (CSI)

Komunitas E5.ID Rayakan Hari Jadi yang Pertama

Lac Hong 900 LX. (VinFast)

Peringati Kemerdekaan Vietnam, VinFast Luncurkan Mobil Anti Peluru

Lepas L8 hadir di Central Park Mall, Jakarta Barat. (CSI)

Lepas Gelar Pop-up Mall Pertama di Central Park