Mengapa Mesin Bus Tidak Dimatikan di Rest Area? Ini Penjelasannya

Menyalakan dan mematikan mesin secara sembarangan dapat menurunkan kinerja turbo dan memperpendek usia pakainya.

Share:
Hino Bus RK 280 ABS. (HMSI)
Otomotif
Hino Bus RK 280 ABS. (HMSI)

Sportcorner.id - Saat perjalanan jauh, bus seringkali berhenti di rest area untuk memberi kesempatan penumpang beristirahat, makan, atau sekadar ke toilet. 

Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa mesin bus tidak di matikan saat di rest area dan dibiarkan tetap menyala meskipun kendaraan sedang parkir cukup lama? 

Fenomena ini sering memunculkan pertanyaan, kenapa sopir bus tidak mematikan mesin saat istirahat di rest area? Jika dibiarkan menyala terus, bukankah ini akan membuang bahan bakar?

Mengutip keterangan dari akun Instagram Putera Mulya Sejahtera Official, kebiasaan ini ternyata bukan tanpa alasan. 

Baca juga: Cari Mobil Hatchback Murah? Hyundai i30 Bekas Bisa Jadi Pilihan

Ada penjelasan teknis yang logis di balik mesin bus yang tetap dihidupkan ketika parkir. 

Para teknisi dan sopir bus menyebut bahwa sebagian besar bus modern saat ini memakai mesin diesel yang sudah dilengkapi dengan turbo. 

Nah, komponen turbo ini cukup sensitif terhadap perlakuan on-off yang terlalu sering. Menyalakan dan mematikan mesin secara sembarangan dapat menurunkan kinerja turbo dan memperpendek usia pakainya.


Baca Juga

Tesla Sport Sedan Model 3 (tesla.com)

Perlukah Kita Cemas dengan AI Mengemudi?