Sunday, March 03, 2024

Cuaca yang tidak menentu, dengan perubahan mendadak dari panas ke hujan, seringkali meningkatkan risiko masuk angin dan flu. 

Untuk mengantisipasi kondisi ini, sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui konsumsi makanan yang kaya nutrisi. 

Berikut beberapa makanan penangkal flu yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh:

  • Makanan kaya Vitamin C:
    Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk, stroberi, kiwi, dan paprika merah adalah sumber vitamin C yang melimpah. Vitamin C membantu produksi sel darah putih yang memiliki peran kunci dalam melawan infeksi.

Baca juga: Kekuatan Tidur: Pentingnya Tidur Malam untuk Kesehatan Optimal

  • Jahe dan Madu:
    Kedua makanan ini dikenal memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kombinasi keduanya tidak hanya membantu meredakan gejala flu tetapi juga memberikan dukungan ekstra untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Bawang Putih:
    Bawang putih mengandung allicin, senyawa dengan sifat antibakteri dan antivirus. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.
  • Yogurt dan Makanan Fermentasi:
    Yogurt yang mengandung probiotik membantu meningkatkan bakteri baik dalam saluran pencernaan, yang berperan penting dalam kekebalan tubuh. Makanan fermentasi seperti kimchi dan miso juga memberikan manfaat serupa.

  • Vitamin D: