Tuesday, June 18, 2024

www.SportCorner.id - Indonesia lolos ke final Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023 usai mengalahkan Thailand 3-0.

Berlaga di GOR Amongrogo, Senin 10 Juli 2023, kemenangan Indonesia ditentukan oleh Mutiara Ayu Puspitasari di nomor tunggal putri dengan mengalahkan Saranporn Sombutwatthananukoo, 17-21, 21-7, dan 21-18 dalam waktu 51 menit.

Mutiara bermain sedikit gugup di game pertama. Dia gagal keluar dari tekanan lawan. Memasuki game kedua, penampilan Mutiara jauh lebih baik.

Di game penentuan, Mutiara lebih tenang dalam mengatasi tekanan hingga akhirnya bisa menang dan memastikan Indonesia lolos ke final.

"Hari ini rasanya kayak campur aduk karena di pertandingan sebelumnya hasilnya cukup buruk. Ada tekanan sendiri, bukan dari lawan tapi dari diri sendiri yang kurang percaya diri sama kemampuan sendiri," ujar Mutiara, ditemui di mixed zone.

Di babak penyisihan, Mutiara kalah saat menghadapi China. Sementara di babak perempatfinal, dia tidak dimainkan.

"Permainan hari ini jauh lebih baik dari sebelumnya karena. Saya juga berpikir kalau terus-terusan ada di bawah tekanan, nggak akan ada pelaran di baliknya. Jadi tadi bisa keluar dari zona nyaman," katanya.

Meski absen main di perempatfinal, Mutiara mengaku tak kecewa. Dia menyebut, pelatih punya penilaian sendiri dalam menurunkan pemain.

"Nggak kecewa karena saya tahu pelatih pasti juga memikirkan sisi-sisi lainnya. Menurut saya penampilan Ruzana di perempatfinal bagus," ungkapnya.