Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Kebanyakan orang nggak sadar kadar gula dalam darahnya tinggi. Jika nggak diawasi, bahaya diabetes mengancam.

Menurut data dari Kementeria Kesehatan Indonesia, kadar gula darah normal dalam tubuh sebelum makan adalah 70-100 mg/dl.

Nah, kadar gula normal akan lebih tinggi saat dua jam setelah makan. Angka normalnya adalah kurang dari 140 mg/dl. Jika lebih dari 140 mg/dl sudah termasuk prediabetes.

Begitu juga saat kadar gula darah lebih dari 100 mg/dl sebelum makan atau setelah puasa selama delapan jam. Maka bisa dikategorikan prediabates yang nantinya bisa menjadi diabetes tipe 1 atau 2.

[Baca Juga: Mana Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?]

Ada banyak ciri-ciri gula darah tinggi dalam tubuh. Tapi, biasanya tak sadar atau memang sengaja tak diacuhkan.

Berikut beberapa ciri-ciri di antaranya:

1. Mudah lelah
Fisik mudah lelah biasanya diakibatkan gula yang tinggi dalam darah. Menurut studi di Biological Research for Nursing Berjudul Real-Time Associations Between Glucose Levels and Fatigue in Type 2 Diabetes: Sex and Time Effects, peningkatan glukosa dalam tubuh wanita dapat memengaruhi tingkat kelelahan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Contohnya mulai dari efek samping pengobatan, kondisi kesehatan mental, hingga komplikasi yang terjadi akibat kadar gula darah yang berlebihan.