Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Mungkin masih banyak yang bingung, olahraga baiknya dilakukan pagi atau malam hari. Mana yang bagus?

Olahraga adalah aktivitas fisik yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi, banyak orang beralasan tak punya waktu untuk olahraga.

Ada banyak orang kantoran yang sudah berangkat dari subuh dan pulang hampir larut malam. Tapi, itu bukan jadi alasan karena olahraga bisa dilakukan di mana saja.

Jika harus memilih, olahraga di pagi hari lebih baik ketimbang malam. Sebab, olahraga di malam hari bisa mengganggu jam tidur.

[Baca Juga: 3 Bahaya Vape yang Dianggap Lebih Aman dari Rokok]

Tapi, bukan berarti olahraga malam buruk asal dilakukan di waktu yang tepat. Beberapa manfaat olahraga malam hari adalah dimana merupakan waktu reaksi tubuh paling cepat terjadi, sehingga ini penting untuk latihan seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT), atau latihan kecepatan di treadmill.

Menurut dokter Tirta, olahraga malam sebaiknya selesai dilakukan maksimal pukul 21.30 agar tak mengganggu jam tidur.

"Berdasarkan banyak jurnal yang saya baca, olahraga yang maksimal dilakukan itu adalah olahraga pagi dan sore. Kalau sore itu batasnya sampai jam 9," ujar dokter Tirta, di channel YouTube Peng Peng Peng.

[Baca Juga: Mitos dan Fakta Kesehatan: Abis Olahraga Nggak Boleh Minum Air Dingin]