Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Memilih roti gandum tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus benar-benar melihat komposisinya secara cermat.

Ada banyak alasan orang kini ingin mengonsumsi roti gandum ketimbang roti putih biasa. Salah satunya adalah karena roti gandum dinilai lebih sehat.

Dibandingkan roti putih, roti gandum utuh memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Tapi, jangan salah pilih dalam membeli roti gandum.

Di mini market atau pasar swalayan, ada banyak roti warna coklat yang mengklaim sebagai roti gandum. Tapi, pada kenyataannya ada banyak bahan campuran di dalamnya.

[Baca Juga: Ladies Wajib Tahu! Obesitas Dapat Mengakibatkan Kanker Rahim]

Pilihan paling baik adalah roti gandum utuh atau whole wheat bread yang dibuat dari tepung biji gandum untuh dan teksturnya agak kasar. Di sebagian negara, roti gandum dilengkapi biji-bijian di atasnya agar lebih menarik sekaligus menambah nutrisinya.

Selain punya banyak serat, roti gandum lebih sehat dibandingkan roti putih karena mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah protein, antioksidan, mineral, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, zinc, vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Dibandingkan roti putih, roti gandum rendah lemak dan tak mengandung kolesterol. Selain itu ada senyawa yang bisa melawan perkembangan sel kanker.