Sunday, March 03, 2024

SportCorner.id - Peristiwa serangan jantung saat tengah melakukan aktivitas olahraga seperti futsal ataupun badminton sudah kerap terjadi.

Ternyata, serangan jantung saat tengah melakukan aktivitas olahraga seperti futsal ataupun badminton ini bukan kebetulan semata.

Ada salah satu penyebab kenapa seseorang bisa terkena serangan jantung saat tengah melakukan aktivitas olahraga seperti halnya futsal atau badminton.

Dokter spesialis jantung, Furqon Satria mengatakan, futsal ataupun badminton adalah aktivitas olahraga permainan.

Menurutnya, dalam olahraga permainan, seseorang cenderung tidak bisa mengontrol energi. Pasalnya, dalam olahraga permainan ada unsur kompetitifnya.

Furqon mengatakan, olahraga permainan berbeda dengan olahraga latihan, misalnya gym, lari, senam ataupun renang.

Lebih mudahnya, dalam Bahasa Inggris, olahraga permainan disebut dengan sports, sedangkan olahraga latihan dengan exercise.

Baca juga: Kenali Tipe Orang yang Rawan Kena Serangan Jantung saat Main Futsal 

Pada olahraga latihan, seseorang lebih bisa mengendalikan energi.

Menurut Furqon, orang yang jarang melakukan olahraga latihan punya kecendrungan lebih besar kena serangan jantung saat melakukan olahraga permainan.

"Resiko serangan jantung ketika olaharaga intesitas tinggi lebih tinggi bagi org yang jarang olahraga dibanding orang yang aktif," kata Furqon dalam video reels di Instagram dokter Tirta Mandira Hudhi.