Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Cedera ACL (arterior cruciate ligament) adalah jenis cedera yang sering dialami atlet. Proses pemulihannya harus melalui operasi.

Cedera ACL terjadi ketika adanya robekan atau keseleo pada anterior cruciate ligament. Cedera ACL biasanya sering terjadi ketika kamu berhenti melakukan gerakan secara tiba-tiba saat berolahraga.

Cedera ini biasanya terjadi saat main sepak bola, bola basket, voli, dan jenis olahraga yang cukup membebani lutut. Saat cedera ACL, maka akan terdengar bunyi 'krek' di lutut.

Setelah itu, lutut terasa bengkak atau tak bisa berjalan. Rasa sakitnya pun cukup luar biasa.

Cedera ACL tidak bisa sembuh dengan senidirinya. Penyembuhan harus dilakukan dengan ranah medis atau prosedur operasi. Operasi dilakukan untuk membentuk ligamen baru sebagai pengganti ligamen yang rusak.

Untuk mengurangi rasa sakit, bisa dilakukan proses terapi fisik. Tapi, tidak bisa menyembuhkan total. Jalan satu-satunya tetap harus operasi.

[Baca Juga: Jangan Panik! ini Tips Mengatasi Cedera Saat Olahraga]

Setelah operasi, dibutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar pulih. Jangka waktunya berbeda-beda, tapi rata-rata dua hingga enam bulan.

Menurut penelitian, 81 persen dari orang yang menjalani operasi ACL dapat kembali berolahraga. Namun hanya 55 persen yang tingkat kinerjanya kembali seperti sebelumnya.