Saturday, March 02, 2024

www.SportCorner.id - Olahraga bukan hanya untuk anak, remaja, atau dewasa. Olahraga juga perlu untuk lanjut usia (lansia).

Lansia juga butuh olahraga. Hanya saja, jenis dan intensitasnya tentu berbeda dengan anak, remaja, atau dewasa.

Jangan jadikan lansia sebagai alasan untuk tidak olahraga. Sebab, lansia yang kurang bergerak atau jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, misalnya nyeri sendi dan otot, tekanan darah tinggi, pikun, hingga diabetes.

Dengan olahraga, lansia bisa terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Tapi, harus dipastikan juga jenis olahraganya tepat.

Harus hati-hati juga ketika lansia melakukan olahraga, terutama mereka yang sudah lama tak olahraga. Pada umumnya, olahraga yang baik dilakukan lansia adalah olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang.

[Baca Juga: Ini Penyebab Prestasi Voli Putri RI Belum Maksimal versi Wilda Nurfadhilah]

Olahraga berat dan dalam waktu yang singkat sangat tidak dianjurkan mengingat fungsi-fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik pada saat muda.

Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok untuk lansia:

1. Bersepeda
Bersepeda termasuk olahraga yang baik untuk lansia terutama kesehatan jantung. Yang disarankan adalah bersepeda statis, tapi boleh juga sepeda di luar rungan. Olahraga sepeda tidak terlalu terdampak pada persendian.