Monday, March 04, 2024

www.SportCorner.id - Banyak orang yang suka begadang hingga larut malam. Padahal, bahaya yang mengintai sangat besar.

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang-orang suka terbangun hingga larut atau bahkan hingga pagi hari.

Beberapa di antaranya adalah, menonton televisi, main game, kerja, hingga mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.

Padahal, setiap manusia wajib memenuhi waktu tidur minimal 7-8 jam sehari. Paling lambat tidur malam hari adalah jam 22.00 WIB.

Beberapa bahaya begadang di antaranya adalah memicu obesitas, masalah mental, sistem kekebalan tubuh menurun, fokus atau konsentrasi menurun, diabetes, hingga stroke.

[Baca Juga: Curhat Pemain Blasteran Masuk Skuat Timnas U-24]

"Orang yang suka begadang meningkatan risiko penyakit jantung kardiovaskular, terutama hipertensi, jantung koroner, serangan jantung, stroke, gangguan tidur dan lainnya," ujar dokter Tirta.

"Jadi buat teman-teman yang hobinya deadliner, main game, atau orang yang kerja sampai berhari-hari nggak tidur, jujur itu bahaya banget," katanya.

Bahaya begadang semakin diperkuat dengan ucapan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Furqon. Menurut dia, efek begadang sangat bahaya.

"Berbagai penelitian meta analisis dan sistematic review menyatakan bahwa tidur kurang dari 7 jam dalam sehari dan lebih dari 9 jam sehari berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit modern," kata dr. Furqon, dalam video yang diunggah dr.Tirta.