Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id -  Melakoni olahraga sebelum sarapan ternyata ada manfaatnya. Rajin berolahraga ternyata tidak hanya membuat badan menjadi sehat, namun juga ada manfaat lainnya. Salah satunya adalah akan membantu pembakaran lemak lebih cepat.

Dengan pembakaran lemak tersebut, tentu akan membuat penurunan berat badan lebih cepat pula. Hal ini kemudian membuat orang percaya jika semakin banyak bergerak dapat membakar dan mengeluarkan kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Kemudian muncul sebuah anggapan jika berolahraga sebelum sarapan mampu membakar lemak lebih cepat dari biasanya. Sebab, tubuh secara otomatis akan membakar sisa-sisa makanan dan cadangan lemak terlebih dahulu karena tidak ada asupan makanan.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism oleh para ilmuwan kesehatan dunia di dua universitas Inggris mengungkapkan penelitian yang mereka lakukan selama 6 pekan.

Selama enam pekan penelitian, peneliti dari Universitas Birmingham dan Bath mempelajari belasan pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah makan pagi.

Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang berolahraga setelah puasa semalaman memiliki kadar insulin yang lebih rendah selama berolahraga.

Baca juga: Banyak yang Nggak Sadar, Begini Ciri-ciri Gula Darah Tinggi