Monday, July 22, 2024

SportCorber.id - Profesi Fisioterapis olahraga mungkin masih terdengar sedikit asing. Padahal profesi ini cukup menjanjikan karena peluang terbuka baik di instansi swasta maupun negeri.

Di era olahraga yang modern ini, tenaga fisioterapis sangat dibutuhkan. Biasanya di setiap klub, tim, klinik olahraga ataupun individu atlet membutuhkan fisioterapis olahraga.

Seorang fisioterapis olahraga biasanya akan menengani cedera pada atlet, seperti keseleo, cedera otot ketarik dan cedera lutut.

Tujuan dari semuanya adalah untuk mengembalikan atlet atau orang cedera bisa kembali berolaharaga.

"Fisioterapis olahraga harus mampu mengembalikan kemampuan olahraga sang pasien, misalnya lompat, lari, menendang, bahkan kembali ke kompetisinya," kata Dosen Prodi Fisioterapi, Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI), Lucky Anggiat dikutip dari laman Kemendikbud.

Baca juga: Reaksi Pratama Arhan Diminta Nagita Slavina Pindah ke Rans Nusantara

Menjadi seorang fisioterapis tentu tidaklah mudah. Apalagi menangangi seorang atlet yang cedera, harus berhati-hati tentunya.

Jika seorang atlet mengalami cedera, maka fisioterapis harus melakukan penanganan sejak awal.

Penanganan tersebut adalah, melindungi area cedera agar tidak semakin parah. Kemudian memberikan perban, mengompres dengan air dingin dan melakukan proses elevasi.