Thursday, February 22, 2024

www.SportCorner.id - Olahraga kardio dan angkat beban sama-sama bagus. Untuk menurunkan berat badan, mana yang lebih cepat?

Untuk mendapatkan berat badan ideal, menjaga makan saja tidak cukup. Harus diimbangi dengan olahraga teratur agar bisa mencapai berat badan proporsional.

Setiap orang punya pilihan beda-beda. Ada yang memilih olahraga kardio, ada juga angkat beban.

Salah satu jenis kardio adalah lari. Olahraga jenis ini banyak dipiliha karena sangat efektif dalam membakar lemak. Kardio juga bagus untuk menyehatkan jantung.

Berdasarkan penelitian, olahraga kardio membakar kalori lebih cepat dibandingkan angkat beban. Contohnya, jika berat badan Anda 60 kg dan berlari 30 menit, maka kalori yang terbakar bisa mencapai 190.

Lalu, bagaimana dengan angkat beban? Menurut penelitian Penn State, angkat beban dapat membakar lemak hingga 3-4 kg lebih banyak ketimbang aerobik.

[Baca Juga: Malas ke Gym, Yuk Lakukan Olahraga Ringan Ini untuk Turunkan Berat Badan di Rumah]

Penelitian lain dari Harvard menemukan bahwa pria yang rutin melakuan angkat beban setidaknya 30 menit per hari menghilangkan lemak di perut.

Angkat beban juga memiliki manfaat penting lainnya, yaitu membangun dan mempertahankan kekuatan tulang serta meningkatkan metabolisme.

Sebuah studi menemukan bahwa melakukan angkat beban selama 16 minggu dapat meningkatkan kepadatan tulang pinggul dan pertumbuhan tulang sebesar 19 persen.