Thursday, February 22, 2024

www.SportCorner.id - Banyak orang menjadikan kopi sebagai minuman rutin setiap hari. Lalu, apakah aman minum kafein setiap hari?

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari  bisa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

"Batas minum kopi 450 mg per hari atau 3-4 kali epresso per hari, tapi ini tergantung kondisi fisik, berat badan, dan tekanan darah, atau ada gangguan jantung apa nggak," ujar dokter Tirta.

Kopi yang dimaksud adalah kopi murni, bukan kopi sachet yang penuh dengan gula atau juga kopi kekinian yang mengandung banyak gula.

Ada juga yang menyebut mengonsumsi kopi membahayakan untuk ginjal. Hal ini dibantah dokter Dana Pramudya, spesialis penyakit dalam.

"Minum kopi pada dasarnya aman untuk ginjal tapi minum dalam batas sewajarnya. Jika berlebihan, ada potensi berbahaya karena metabolit. Metabolit ini kalau berlebihan ada potensi mengganggu ginjal," katanya.

"Ada satu hal penting yang perlu diingat bahwa konsumsinya harus kopi murni, bukan sachet yang ada gulanya," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan penelitian lain, minum kopi berhubungan dengan angka kematian yang rendah.

"Ada studi menarik soal kopi. Hasilnya mennyebutkan bahwa minum kopi baik yang pakai sedikit gula atau tidak pakai gula sama sekali ternyata berhubungan dengan angka kematian yang rendah, yakni 30 persen dibandingkan dengan yang tak minum kopi," ungkap dokter Desca, yang juga spesialis penyakit dalam.